"MOVING CLASS" KALI PERTAMA DI SPENSAKA


Karangploso, Pada tahun ajaran baru kali ini, tahun 2008/2009 ada sedikit perubahan pada proses pembelajaran di sekolah kita tercinta ini, SPENSAKA . yaitu penerapan sistem kelas jam terbang atau moving class. Yang menuntut para siswanya untuk lebih disiplin dan menghargai waktu. Memang sudah banyak sekolah yang menerapkan sistem moving class terutama untuk sekolah yang berstandar nasional, sperti SPENSAKA. Tapi semua itu memang butuh proses dan persiapan yang sangat matang.
Dalam sistem moving class ini sendiri membutuhkan penyesuaian dan persiapan-persiapan khusus. Misalnya, penambahan ruang kelas, pengaturan jadwal pelajaran yang harus pas, agar tidak berbenturan antara kelas yang satu dengan kelas yang lain. Pada awal pelaksanaan, jadwal yang diatur sempat mengalami perubahan sebanyak tiga kali. Saat perpindahan kelas pun masih terasa asing bagi kita. Biasanya kita menunggu guru, tapi sekarang kita yang ditunggu guru di kelas mata pelajaran masing-masing.
Ada juga suka dan duka dari pelaksanaan moving class kali pertama ini. Sukanya, ada suasana baru yang setiap ganti mata pelajaran, kita selalu pindah kelas. Jadinya nggak bosen nungguin guru. Kita juga bisa jalan-jalan dan olah raga dikit. Kalau dukanya sih pasti makin banyak anak yang sintara alias singgah sementara di kantin. Belum lagi, kalau kelas yang akan kita pakai sudah ditempati kelas lain. Jadilah kita yang harus keliling cari kelas yang kosong, walaupun bukan kelas yang sesuai dengan mata pelajaran kita.

Saat ini, sudah setengah semester kita menjalani moving class. Memang, belum berjalan sesuai dengan harapan. Namun, sering dengan berjalannya waktu, semoga kita bisa merubah kebiasaan buruk kita, terutama budaya ngaret.